Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Sunday, January 10, 2010

Touring Motor 4 : Depok - Pangandaran (2 Januari - 5 Januari 2010)

Setelah melakukan perjalanan Touring Motor ke Ciwidey, pada awal tahun 2010 kami kembali berencana melakukan Perjalanan Touring Motor, Kali ini Tujuannya adalah daerah wisata Pangandaran & sekitarnya (tujuan utamanya Green Canyon). Rencana awal kami akan berangkat pada tanggal 31 Desember, agar bisa sekalian menikmati malam Tahun Baru-an di Pangandaran, tapi karena kesibukan masing-masing personel akhirnya kami undur tanggal keberangkatannya menjadi 2 Januari 2010.

Kali ini aggota touring ada 6 orang (Bulux, Kirun, Dolly, Ozie, Cepot & saya sendiri) dengan menggunakan 5 motor (Yamaha Jupiter MX, Honda Supra 125 D, Suzuki Satria F 150, Honda Vario Techno & Honda Supra Fit). Perjalanan Depok-Pangandaran-Depok via Bandung menempuh jarak ± 850 km, melewati trek turun-naik yang berliku dengan kondisi jalan yang umumnya baik. Supra Fit yang saya kendarai menghabiskan bensin Premium & Pertamax sekitar Rp.73.500,- atau ± 16 liter dengan kecepatan rata-rata motor 60 km/jam, bisa dibilang adalah pengeluaran bensin yang paling irit di banding motor yang lainnya.


Keberangkatan

Cuaca pada saat menuju Pangandaran secara umum bisa di bilang kurang baik, perjalanan antara Depok - Bandung via Jonggol cuaca memang bisa di bilang lumayan baik (hanya sesekali hujan turun) tetapi setelah melewati kota Bandung hujan turun terus-menenerus sampai Kab. Banjar, jadi perjalanan agak terhambat karena kami kebanyakan istirahat untuk berteduh & keperluan lainnya. Kami berangkat sekitar jam 8.30 melewati rute Depok - Cibubur - Cileungsi - Jonggol - Cariu - Pasirkalong - Ciranjang - Padalarang - Cimahi - Bandung - Ujung Berung - Cileunyi - Cicalengka - Limbangan - Malangbong - Ciawi - Cikoneng - Ciamis - Banjar - Banjarsari - Padaherang - Pangandaran & sampai di Pantai Pangandaran sekitar jam 22.30, jadi total waktu perjalanan di tambah istirahat memerlukan waktu ± 14 jam.

Sesampainya di Pangandaran kami langsung masuk ke areal Pantai Pangandaran (HTM Rp.5.000/motor), setelah itu lalu tanya-tanya & tawar-menawar penginapan yang kira-kira terjangkau dengan dompet kami ^.^ , awalnya kami di tawarkan 1 rumah 2 kamar dengan harga Rp.350rb (karena weekend tarifnya jadi mahal, biasanya sih paling Rp.150rb - Rp.200rb) & yang cuma 1 kamar Rp.200rb (Kalau weekday biasannya cuma Rp.70rb). Berhubung udah malem & udah pada capek akhirnya kita pilih yang 1 kamar Rp.200rb (ditawar jadi Rp.180rb di isi 6 orang), dalemnya lumayan udah ada Tempat tidur, kamar mandi & TV, tapi tidurnya lumayan dempet-dempet kayak pepes ikan >.<

Setelah istirahat yang lumayan kurang nyaman, pagi-paginya setelah mandi & sarapan kita langsung menjelajahi Pangandaran & sekitarnya. Berikut adalah tempat yang kami kunjungi :

Pantai Pangandaran


Pantai Pangandaran merupakan objek wisata andalan Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat. Bahkan, kawasan yang berada di Pantai Selatan Jawa ini masuk dalam agenda kunjungan wisata Indonesia tahun 2008. Karena itu, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Budaya setempat, terus membenahi dan melengkapi berbagai fasilitas penunjang kawasan wisata Pantai Pangandaran. Objek wisata pantai ini terletak di pesisir selatan laut Jawa sekitar ± 92 km arah selatan dari kota Ciamis.

Di Pangandaran, kita dapat menikmati hamparan pasir putih yang berada di sekitar Cagar Alam (walaupun sekarang sudah agak kotor karena banyak sampah). Hembusan angin pelan disertai ombak laut yang relatif kecil, membuat pengunjung nyaman melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang menggunakan ban, berperahu mengelilingi semenanjung, memancing, bersantai di pantai, menyelam menikmati taman laut dengan aneka fauna dan flora lautnya yang indah atau sekadar mencerap keindahan alamnya dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Selain itu, kita dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari dari tempat yang sama.

HTM Rp.5.000,-/motor+orangnya

Pantai Batu Hiu

Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, ± 15 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih. Sekitar 200 meter dari pinggir pantai terdapat batu karang yang dahulu menyerupai ikan hiu (sekarang sudah berubah tergerus ombak), karena itulah tempat ini dinamakan Batu Hiu.

Ini adalah pantai Alam yang sangat luar biasa indahnya, serasa seperti di Bali, viewnya sangat bagus Untuk Berfoto, karena memiliki pemandangan dari atas bukit ke Pantai selatan.

Di Pantai Batu Hiu ada warung2 penjual makanan. Sekitar Batu Hiu ada juga perkampungan penduduk dan lokasi pembibitan udang & Penyu. Disini juga terdapat penginapan yang menurut informasi rate-nya sekitar Rp.50rb - 100rb/kamar (weekday)

HTM Rp.5.000,-/motor+orangnya
Parkir motor Rp.2.000,-/motor


Green Canyon

Green Canyon atau nama aslinya adalah Cukang Taneuh, terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, ± 31 km dari Pangandaran. Nama Green Canyon dikenalkan oleh wisatawan dari Perancis, warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan tempat ini disebut Green Canyon. Sedangkan nama sebelumnya, Cukang Taneuh berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang yang khas dan menantang.

Yang menjadi tujuannya adalah terowongan menyerupai gua yang berada di bawah jembatan tanah yang dikenal dengan Gua Green Canyon. Untuk mencapai gua tersebut, Anda harus menyusuri sungai Cijulang menggunakan perahu yang disebut sebagai ketinting. Perahu ini hanya mampu ditumpangi oleh 5-6 penumpang. Harga sewa perahu atau ketinting sebesar Rp 75.000,- /perahu. Waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan yang dimulai dari dermaga Ciseureuh menuju gua ± 30 menit. Perjalanan dengan ketinting di jamin tidak akan membosankan, karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan aliran sungai Cijulang melewati tebing bukit yang ditumbuhi hijaunya pepohonan yang rimbun dan bebatuan yang menghiasinya.

Pemandangan yang lebih indah sudah menanti setelah turun dari perahu. Kita dapat menikmati sisi gua yang kokoh dengan melihat stalagtit dan stalagmit yang masih meneteskan air. Air terus menerus dikeluarkan dari tebing sehingga daerah ini disebut sebagai daeah hujan abadi. Kita juga dapat berenang dalam gua atau melakukan Body Rafting dengan menggunakan pelampung (tentunya harus di dampingi guide) menyusuri derasnya air sungai Cijulang. Pemandangan semakin cantik ketika menyaksikan air terjun Palatar yang terdapat dalam Gua Green Canyon. Berenang di air yang dingin sambil menikmati tebing-tebing tinggi dan melihat stalagtit dan stalagmit pasti merupakan pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan.

Biasanya si empunya perahu atau Ketinting hanya akan menunggu ± 15 menit saja, tapi kalau kita ingin lebih lama berenang atau menyusuri sungai sampai naik ke Pemandian Putri (katanya sih tempat putri-putri mandi) biasanya mereka akan meminta tip lebih sekitar Rp.100rb-Rp.150rb/rombongan perahu (jarak ke Pemandian Putri ± 300 meter dari tempat perahu tertambat), tentunya kita akan di dampingi guide yang sudah sangat mengenal medan sungai Cijulang. Kalau mau yang lebih ekstrim kita bisa juga melakukan Body rafting yang lebih jauh lagi, info yang saya dapat katanya sih menyusuri sungai sekitar 2 km dengan tarif ± Rp.500rb/rombongan (5-8 orang).

HTM + perahu (max 6 orang) Rp.75.000,-/perahu
Parkir Motor Rp.2.000,-/motor
Tip Rp.50.000,- s/d Rp.150.000,-/group perahu (tergantung berapa lama & berapa jauh)
Body Rafting ± Rp.500.000,-/group (5-8 orang)


Pantai Batu Karas

Pantai ini merupakan perpaduan antara Pantai Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang lebih tenang. Pantai ini selain pemandangannya yang indah juga sangat banyak dikunjungi wisatawan untuk surfing dan berenang. Pantai Batu Karas berada di wilayah Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang dapat dijangkau dengan kendaraan lebih kurang 45 menit dari Pangandaran atau ± 45 km.

Keunggulan lainnya, pantainya landai dan memiliki teluk kecil, serta ombak yang relatif besar sehingga cocok bagi para surfer untuk melakukan surfing. Dengan kondisi alam seperti itu, para surfer (peselancar) sepertinya tidak perlu menguras tenaga untuk menuju titik awal datangnya ombak di lautan. Guna memanjakan penggemar atau peminat surfing, di Batukaras banyak orang yang sengaja menyewakan berbagai surfboard (papan selancar) lengkap dengan instrukturnya. Board yang disewakan mereka cukup lengkap, baik untuk profesional, pemula, maupun papan untuk tengkurap di atas laut. Semuanya komplet dengan harga sewa relatif murah. Bagi yang ingin belajar surfing, instruktur siap juga memberikan instruksi singkat dan bimbingan dengan tarif yang murah.

HTM Rp.4.000,-/motor+orangnya
Parkir motor Rp.2.000,-/motor


Kembali Pulang

Setelah menjelajahi & menikmati indahnya pemandangan di daerah Pangandaran & sekitarnya, saatnya kembali ke dunia nyata ^.^ Rute pulangnya agak berbeda (kalau lewat Bandungnya sih sama), daerah yang kita lewati yaitu Pangandaran - Padaherang - Banjarsari - Banjar (tidur di Pom Bensin) - Ciamis - Cikoneng - Ciawi - Malangbong - Limbangan - Cicalengka - Cileunyi - Ujung Berung - Bandung (istirahat & muter-muter bandung sampai jam 8 malam) - Cimahi - Padalarang - Ciranjang - Cianjur - Cipanas - Puncak (Transit makan jagung & minum Bandrek) - Bogor - Depok. Sampai di rumah sekitar jam 2.30 pagi langsung mandi & makan, habis sholat subuh terus tidur sampe siang ^.^

Sekali lagi perjalanan yang melelahkan sekaligus menyenangkan...

Pengeluaran

* Bensin Rp.73.500,- (Honda Supra Fit)
* Ganti Oli + Servis motor Rp. 45.000,-
* Penginapan Rp.180.000,-/6 orang = Rp.30.000,-/orang
* HTM Pangandaran Rp.5.000 (1 orang + 1 motor)
* HTM Pantai Batu Hiu Rp.5.000 (1 orang + 1 motor)
* Parkir Pantai Batu Hiu Rp.2.000,-/motor
* HTM + Perahu Green Canyon Rp.75.000,-/6 orang = Rp.12.500,-/orang
* Tip Perahu Rp.150.000,-/6 orang = Rp25.000,-/orang
* HTM Pantai Batu Karas Rp.4.000 (1 orang + 1 motor)
* Parkir Pantai Batu Karas Rp.2.000,-/motor
* Makan & minum Rp.15000 x 6 = Rp.90.000,-
* Lain-lain ± Rp.100.000,-

Total pengeluaran sekitar Rp.400.000,- , kalau pengen touring ke sana dengan motor untuk amannya bawa aja Rp.500.000,- atau lebih, karena masih banyak yang bisa dilihat, dijelajahi & dinikmati disana.
Just enjoy Indonesia... ^.^

Lihat gambar lainya disini

Sumber Artikel:
* Pengalaman Pribadi
* Berbagai sumber


4 comments:

  1. PENGEN banget, dari depok total brp KM bro?

    ReplyDelete
  2. Total PP -/+ 700 Km bro, cobain aja, jalurnya asik, lengkap jenisnya, dari yang lurus sampe yang belok-belok naik turun...

    ReplyDelete
  3. Knapa gak ke Citumang broo lebih keren
    http://ilhamijourney.blogspot.com/2013/09/citumang-pangandaran.html

    ReplyDelete