Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Tuesday, December 15, 2009

Tips Ber-wisata ala Backpackers

Pengin liburan atau berwisata ketempat-tempat yang diinginkan tapi budget cekak bukan berarti mengubur niat Anda untuk bisa membuka wawasan melalui traveling. Ada cara hemat agar Anda bisa menambah pengalaman tanpa terlalu (tapi masih tetep) menguras isi kantong Anda. Ya benar! Salah satunya bakcpacking saja.

Namun begitu, tidak lantas seorang backpacker (sebutan untuk seorang wisatawan yang senang melakukan perjalanan ke berbagai tempat dengan tas ransel dipunggungnya) di awal-awal petualangannya mengunjungi beberapa tempat di negaranya atau di luar negeri, sukses dalam perjalanannya jika sebelum keberangkatannya tidak dilengkapi dengan berbagai persiapan yang dibutuhkan selama melakukan perjalanannya.


Untuk itu, bagi Anda yang mencintai dunia traveling dan ingin melakukan perjalanan ala backpacker, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa-apa yang harus dipersiapkan sebelum Anda “berkeliaran” dengan tas ransel di punggung Anda. Berikut ini Tips berwisata hemat ala backpackers:
  1. Cari Informasi sebanyak-banyaknya, setelah menentukan pilihan tempat, kota atau negara mana yang akan dikunjungi. Anda bisa browsing melalui internet, meminta referensi dari teman atau kerabat dekat, tanya dalam forum milis yang Anda ikuti, lihat-lihat brosur wisata atau bisa juga mencari referensi dari paket tur yang ditawarkan oleh travel agency.
  2. Buatlah kalkulasi biaya yang akan Anda keluarkan, mulai dari biaya pengurusan dokumen-dokumen perjalanan seperti passport, visa, tiket (jika ingin ke luar negeri), biaya transportasi (darat, laut, udara atau sungai), biaya penginapan, biaya kunjungan ke objek-objek wisata, biaya makan, budget uang untuk membeli suvenir atau oleh-oleh dan biaya tak terduga. Dan pastikan semua kalkulasi biaya sudah mencakup semua kebutuhan Anda selama berlibur.
  3. Buat Jadwal Perjalanan, dengan bantuan peta dan beberapa informasi dari internet atau dari teman yang sudah pernah berkunjung kesana, maka akan lebih mempermudah Anda dalam menyusun jadwal perjalanan. Jadi Anda pun tidak perlu khawatir kehabisan ide dalam mengeksplor jiwa petualang Anda dan yang pasti akan meminimalisir kemungkinan tersasar di tempat tersebut.
  4. Jaga Stamina, dari namanya sudah ketahuan kalau traveling ini murah meriah sambil menyandang tas ransel, bukannya menyeret koper mewah. Karena itu, sebagai backpacker, pastinya Anda harus kuat. Berhubung dana mesti dihemat, tidak ada istilah untuk menginap di hotel berbintang. Justru Anda mesti siap menginap di bandara bahkan di stasiun kereta api. Tidak hanya itu, pola makan sehat pun arus diterapkan, selain makanan minuman biasa vitamin dan suplemen sebaiknya Anda konsumsi.
  5. Yang Harus Anda Bawa, beberapa hal di bawah ini, merupakan perlengkapan-perlengkapan khusus ala backpackers yang Anda bawa serta dalam liburan Anda, seperti : 1) Bawa pakaian seperlunya saja 2) Bawa Peta dan kompas. 3) Jangan lupa bawa kaos kaki ekstra, topi kupluk, kacamata, jaket dan topi. 4) Bawa minimal 2 pak tisu basah, karena untuk mengejar waktu, kadang mandi Anda korbankan. 5) Bawa tas pinggang berisi dompet, ponsel, tisu, foto copy surat penting dan data-data yang Anda perlukan. Ransel besar hanya berisi benda-benda yang jarang Anda perlukan. 6) Bungkus barang-barang penting serta kartu ATM, kartu kredit dan paspor dengan plastik. 7) Siapkan obat-obatan, minimal minyak angin, vitamin, obat flu dan plester. 8) Alat dokumentasi seperti kamera digital atau handycam.
  6. Atur Pengeluaran, selama Anda ber-backpacking berhematlah dalam mengatur keuangan Anda. seperti contoh, pilihlah tempat penginapan dengan harga yang tidak terlalu menguras kocek. Begitu pun dengan transportasi selama disana, apabila di tempat tersebut ada kendaraan rakyat atau kendaraan khas setempat, mengapa tidak mencoba naik itu saja. Makan di rumah makan yang menyajikan hidangan khas setempat, bisa menjadi pilihan jitu, selain harganya jauh lebih murah dari makan di restoran, Anda pun bisa mencicipi dan merasakan panganan khas masyarakat setempat yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Untuk urusan suvenir atau oleh-oleh, Anda bisa berburu di pasar lokal atau pasar tradisional setempat. Jika dibandingkan dengan toko suvenir di hotel atau di pusat perbelanjaan modern, membeli suvenir di pasar tradisional biasanya akan jauh lebih murah.
  7. Jangan malu untuk bertanya, karena perjalanan Anda menggunakan prinsip keberanian dan modal nekad. Jika kemampuan bahasa Anda kurang, jangan lupa membawa kamus bahasa setempat. Namun jika Anda menginginkan informasi yang jauh lebih jelas, carilah pusat informasi bagi turis atau tourist information center.
  8. Ajaklah teman, Jika Anda tidak ingin sendiri saat backpacking, ajaklah beberapa teman atau kerabat terdekat untuk bersama-sama melakukan backpacking. Pastinya akan semakin seru jika pergi bersama dengan teman yang memiliki hobi sama, selain itu karena pengeluaran di tanggung bersama juga bakal lebih irit ^.^!
Last but not least Kemauan & Do'a...

Selamat ber-backpacking ria ^.^

Dari berbagai sumber di Internet

No comments:

Post a Comment