Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Tuesday, December 15, 2009

Tips Touring Motor yang (Mudah-mudahan) Aman

Touring motor adalah kegiatan mengendarai kendaraan sepeda motor secara bersama-sama atau berkelompok untuk mencapai tujuan tempat tertentu.

Dalam touring biasanya ada road captain (pemimpin), yang bertanggung jawab terhadap anggota touring secara keseluruhan. Road captain harus bisa mengendalikan anggota touring lain, mempunyai kapabilitas mengenal jalan / rute yang terbaik, menentukan kapan harus berhenti untuk mengisi bensin dan kapan harus melanjutkan perjalanan. Road captain berada paling depan, tidak ada satu anggota pun yang boleh mendahului road captain. Dalam menjalankan tugasnya road captain dibantu oleh satu atau beberapa sweeper yang tugasnya memastikan tidak ada anggota touring yang tertinggal.


Berikut adalah beberapa Tips untuk Touring Motor yang di peroleh dari berbagai sumber & pengalaman pribadi.

Pra-persiapan :
  1. Badan yang sehat jasmani dan rohani, makan & minum yang cukup + vitamin & suplemen kalau perlu, jangan terlalu banyak pikiran karena sebagian besar kecelakaan di jalan disebabkan oleh ngantuk dan ngelamun karena banyak pikiran.
  2. Persiapkan peralatan pendukung touring. Kendaraan harus prima, kalau perlu di servis dulu sebelumnya. Jangan lupa bawa KTP, SIM dan STNK (kali aja ada razia orang jelek :D)
  3. Siapkan uang secukupnya sebelum berangkat (Jangan lupa uang selipan di dompet buat cadangan)
  4. Cari teman yang mau diajak untuk menemani dalam perjalanan, ini penting banget untuk navigator sekaligus obat ngantuk (kalau bisa malah gantian nyetirnya).
Persiapan keberangkatan :
  1. Bangun pagi-pagi, usahakan bangun tepat waktu dengan menyetel weker atau cara lain yang menurut kamu ampuh.
  2. Mandi, dandan dan makan. Biar fresh & tambah tampan (kalo dah dandan gak berubah lebih baik atau malah tambah ancur sih terima nasib aja), siapa tau aja ketemu jodoh di jalan (perhatian: hanya bagi yang jomblo !!!).
  3. Periksa sekali lagi bekal dan semua peralatan pendukung touring. Pulsa HP harus terisi cukup untuk memudahkan komunikasi.
  4. Datanglah di tempat berkumpul setengah jam lebih cepat sebelum waktu keberangkatan.
  5. Rombongan sepeda motor harus berjalan dengan tertib dan mentaati peraturan lalulintas. Usahakan jangan sampai terlau jauh dengan penunjuk jalan dan rombongan agar kamu tidak tersesat.
Yang harus dipakai saat touring:
  1. Helm Half face atau Full face yang nyaman (jangan helm cetok atau helm proyek..!!!)
  2. Celana panjang & Kaos (tentu udah + dalemannya ya..!!)
  3. Jaket yang agak tebel dan menutupi sampai bagian leher, buat pengemudi kalo perlu di tambah pelindung dada (supaya gak masuk angin)
  4. Sepatu + kaos kakinya, sebaiknya yang agak tebal & baru dicuci biar tidak timbul bau-bau yang kurang sedap saat istirahat nanti
  5. Sarung tangan, sebaiknya yang full menutupi tangan (biar gak belang tangannya)
Setelah semua hal diatas dipenuhi maka jangan lupa berdoa pada Tuhan dan minta ijin orang tua. Selamat berkendara & menikmati perjalanan anda.

Keep safety riding...!!!

Dari berbagai sumber & pengalaman pribadi

Sumber gambar : www.CartoonStock.com

No comments:

Post a Comment