Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Tuesday, December 15, 2009

Rencana Touring / Backpacking ke Kawah Putih Ciwidey dan sekitarnya


Minggu depan berencana pergi ke Bandung Selatan, tepatnya ke Ciwidey mau lihat Kawah Putih yang katanya seperti surga yang tercecer. Rencananya sih mau touring aja pake motor sama temen-temen dari Depok, kalo lagi males naik motor alternatif lainnya ya naik kendaraan umum ^.^! Udah browsing di Google buat nyari Rute & hasilnya adalah... Voila...!!!


Rute naik motor

Dari Depok kita lewat Cibubur - Cileungsi - Jonggol - Cianjur - Padalarang - Cimahi. setelah lampu merah Padalarang nanti ada pertigaan, belok kanan arah Batujajar, dari pasar Batujajar belok kiri (daerah macet, banyak angkot sama delman, tapi sedikit kok), terus menuju Soreang, sampai ketemu Stadion dan pusat pemerintahan Soreang ambil kanan lagi arah Ciwidey.

Lama perjalanan diperkirakan 4 s/d 5 jam jadi harus berangkat pagi-pagi (sekitar jam 5 pagi aja kali ya? hehehe... kayak yang bisa bangun pagi aja :p ), oh iya sampe Ciwidey jangan lupa isi bensin full tank, gosipnya nyari bensin di dataran tinggi Ciwideynya agak susah ^.^!

Rute naik kendaraan umum


Kalau naik kendaraan umum sih mending berangkat agak siangan aja kali ya, terus nginep di Ciwidey biar paginya bisa langsung menikmati indahnya alam Kawah Putih
  1. Depok/Jakarta - Bandung, ada banyak pilihan tergantung budget & selera, mau naik kereta dari Gambir, Travel favorit masing-masing atau Bus antar Propinsi, budget kira-kira Rp.20.000 s/d Rp.70.000 tergantung mau naik apa.
  2. Leuwi Panjang - Ciwidey, Uutuk naik kendaraan umum menuju Ciwidey, kita harus naik dari terminal Leuwi Panjang Bandung. Ada 2 pilihan kendaraan, yaitu bus (Damri) atau Elf (Bandung - Ciwidey), atau mengunakan bis dengan jarak tempuh 1,5 jam bahkan lebih karena terkadang bus suka ngetem di terminal Soreang. Ongkos per orang hingga ke Ciwidey adalah Rp.6000,-. Turun di terminal akhir, yaitu terminal Ciwidey.
  3. Ciwidey - Kawah Putih, menggunakan angkot bertrayek Ciwidey - Patengang, angkotnya berwarna kuning dengan jarak tempuh sekitar 30 - 40 menit. Ongkos per orang hingga pertinggaan Kawah Putih Rp.3.000,- dari pertigaan ini untuk masuk hingga ke lokasi Kawah Putih bisa menggunakan angkutan yang disediakan oleh pihak pengelola dengan tarif Rp.5.000,- per orang untuk pergi dan pulang. Akan tetapi jika anda hanya pergi sendiri atau berdua maka anda harus menunggu rombongan lain agar bisa terisi penuh. Ada alternatif lain jika anda pergi sendirian atau berdua yaitu dengan menyewa ojek motor dengan tarif Rp.15.000 pergi pulang.
  4. Kawah Putih - Ranca Upas, dari pertigaan Kawah Putih menuju Ranca Upas kembali kita menumpang angkot yang bertrakyek Ciwidey - patengang tadi dan turun di Ranca Upas. Ongkos per orang adalah Rp.1.500,- Dari gerbang Ranca Upas masuk kelokasi bisa berjalan kaki karena hanya berjarak 300 meter.
  5. Ranca Upas - Patengan, dari Ranca Upas naik angkot menuju Situ Patengan dengan ongkos Rp. 3.000,- per orang tapi kita akan dikenakan retribusi masuk yang langsung di tarik oleh supir angkot yaitu Rp. 4.000,- per orang. Jika Dari Ciwidey langsung ke Patengan ongkosnya Rp.10.000,- dan sudah termasuk retribusi masuk kawasan wisata Patengan.
Untuk retribusi di Kawah Putih adalah:
. Tanda masuk per orang Rp.3.500,-
. Motor Rp.1.000,-
. Sedan dan mini bus Rp.3.000,-
. Bus / Truck Rp. 5.000,-

Untuk retribusi di Ranca Upas adalah;
. Tanda masuk per orang Rp. 3.500,-

Untuk retribusi di Situ Patengang adalah:
. Tanda masuk per orang Rp.4.000,-

Pengeluaran
  • Transportasi, kalau naik kendaraan umum habis sekitar Rp.150.000 s/d Rp.200.000 sudah termasuk retribusi, kalau dengan motor saya pikir hanya habis Rp.50.000 untuk bensin
  • Penginapan, cari yang Rp.100.000 aja yang 1 kamar untuk 2 orang, jadi seorang bayar Rp.50.000
  • Makan dan lain-lain, siapin aja Rp.250.000
Untuk safetynya bawa aja kira-kira Rp.500,000,- . Jadi gak sabar mau pergi, mudah-mudahan gak sampe abis Rp.500.000... Amiiin... hehehe...

Ayo-ayo Touring lagii... Backpacking lagii...

2 comments:

  1. Terima kasih telah memberikan informasi Objek wisata, karena indonesia sangat kaya sekali tempat wisata di jabodetabek dan salah satu yang paling menarik adalah tempat wisata di bali dengan berbagai macam kuliner yang lezat dan enak. Salam kenal ya bro.
    http://ariinfowisata.blogspot.co.id

    ReplyDelete