Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Tuesday, April 21, 2009

PLTP Dieng (PT. Geo Dipa Energi)

Habis istirahat di penginapan, iseng-iseng kita jalan kaki mau lihat salah satu sumur tempat sumber panas bumi PLTP Dieng yang di kelola oleh PT. Geo Dipa Energy, letaknya sekitar 1 KM dari penginapan ke arah telaga Mardada, jalannya lumayan jauh dan menanjak mana kendaraannya kenceng-kenceng lagi, sebenernya orang sipil gak boleh masuk area sekitar sumur, tapi kita nekat aja berlagak jadi penduduk sekitar (padahal dari dandanan juga udah mencolok banget hehehe...) asal gak terlalu deket mah gak kenapa-napa kali ya. Sambil dilihatin penduduk sekitar dengan tatapan penuh curiga dan terheran-heran kita foto-foto dengan santainya.

Sekedar informasi PLTP Dieng sebelumnya ditangani oleh PT Himpurna California Energy (HCE), sebuah perusahaan patungan antara Himpunan Purnawirawan ABRI (Himpurna) dengan California. Namun, karena proyek macet maka kemudian diteruskan oleh PT Geo Dipa Energy yang merupakan perusahaan patungan antara PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero). Geo Dipa Energi saat ini dimiliki oleh Pertamina 67% saham dan PLN 33%.

Selain PLTP Dieng, perusahaan itu juga menangani PLTP Patuha yang diperkirakan memiliki potensi kapasitas sampai 400 Mwe dan menurut rencana baru akan dioperasikan tahun 2010. PLTP Dieng yang memiliki potensi kapasitas sampai 300 Mwe saat ini baru memiliki kapasitas 1x60 Mwe dan sudah dihubungkan dengan sistem jaringan interkoneksi Jawa-Bali-Madura. Usaha intensif terus dilakukan agar target yang diinginkan tercapai dengan terus melakukan peningkatan kemampuan dan pengembangan terencana melalui pembangunan Proyek Dieng Unit 2 dan 3, yang berkapasitas masing masing 60 Mwe.

Setelah dari sumur sumber panas bumi ini kita bergerak ke tempat yang lain sekalian cari kendaraan turun dari Dieng menuju Wonosobo tapi mampir dulu di Agrowisata Perkebunan Teh Tambi & Menara Pandang.

Info dari berbagai sumber

7 comments:

  1. mas, mau tanya alamat PLTP Dieng tu mana y? ato no.telpon nya berapa?
    Trima kasih.

    ReplyDelete
  2. Wah kalo alamat pasti & no telp-nya sih saya gak tau, tapi yang jelas gak jauh kok dari tempat wisata dieng, tanya aja sama penduduk disitu pasti dikasih tau, tenang aja orangnya baik2 kok :)...

    ReplyDelete
  3. kalo mau kerja praktek di sana caranya gmna ya?

    ReplyDelete
  4. oleh minta alamat PLTP DIeng dak?
    kita pengin kesana jd kita btuh alamat yg lengkap...

    ReplyDelete
  5. Sori, alamat persisnya saya lupa, tapi yang jelas gak jauh kok dari tempat wisata dieng, tanya aja sama penduduk disitu pasti dikasih tau..

    ReplyDelete
  6. bawa apa z ya biar masuk ke pltp.nya?

    ReplyDelete
  7. Sya sih waktu itu gak pake izin karena cuma diluarnya aja, kalau mau masuk ya pasti harus izin dulu..

    ReplyDelete