Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Senin, 20 April 2009

Sunrise di Gunung Cikunir (Dieng)


Untuk melihat sunrise di Gunung Cikunir / Sikunir yang katanya memiliki ketinggian ±2.500m dari permukaan laut perlu ada sedikit pengorbanan, yaitu:

  1. Tampang kucel gak mandi, karena dingin bener katanya bisa sampai 6°C, air disana berasa air es dan napas aja udah berasap embun, apalagi kalau naik motor bwuaahh... jari ma kuping ente siap-siap beku dah,
  2. Bangun pagi (salah satu yang gua benci hahaha...), sekitar jam 3.30 pagi kalo mau trekking jalan kaki atau jam 4.30 pagi kalau mau naik motor dilanjutin jalan kaki,
  3. Jalan trekking yang lumayan jauh, agak licin & menanjak (harus hati-hati, sebaiknya pakai sepatu trekking & jangan lupa bawa air minum!!!),
  4. Sholat subuh bisa kelewat kalau ambil yang jalan kaki, jadi sebaiknya wudhu dulu & jangan lupa pakai celana panjang yang bersih dan bawa sejadah, siap-siap buat sholat di atas.
Perjalanan dari penginapan menuju puncak Cikunir ± sekitar 2 jam kalau trekking jalan kaki & kira-kira 1 jam kalau naik motor, 30 menit naik motor melewati pipa & sumur geothermal Geo Dipa, lalu motor diparkir di dekat Telaga Cebong (kalo gak salah), dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 s/d 30 menit melewati jalan-jalan yang cukup terjal, tapi tenang aja masih bisa dilewati kok (sudah dibuat tangga-tangga batu untuk mempermudah).

Tapi semua itu bakal terbayar lunas begitu kita sampai dipuncak dengan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sejuk (lumayan buat bersihin paru-paru dari udara Jakarta) lebih enak lagi sih sambil ngopi atau ngeteh anget, kalau kita lagi beruntung dan cuaca lagi cerah selain kita bisa dapet sunrise yang bagus, kita juga bisa lihat puncak Gunung Merapi (2.914m) & Gunung Sindoro (2.151m) dari sini, sampai ada bule yang bela-belain bolak-balik naik buat dapetin sunrise yang mantap, tapi tenang aja walaupun cuacanya lagi gak begitu baik kita masih bisa lihat pemandangan yang bagus kok (gua sendiri agak kurang beruntung yah walaupun gak ujan sih tapi mataharinya ketutup kabut).

Habis foto-foto lihat pemandangan sunrise dari puncak Cikunir, kita turun lagi kali ini lebih cepat dari naiknya paling-paling cuma 10 menit sampai parkiran motor, terus kita langsung menuju tempat wisata selanjutnya di Dieng ini, bisa ke Kawah Sikidang dulu atau ke Telaga Warna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar