Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Saturday, September 19, 2009

Merasakan Kerja di Tanah Papua (Tangguh LNG)


Setelah Aceh, saya punya keinginan untuk nyicipin kerja di daerah ujung Indonesia satu lagi, yaitu bagian timur Indonesia. Tapi ya walau bukan yang paling ujung akhirnya kira-kira awal tahun 2007 dapat kesempatan juga buat kerja di daerah Papua, tepatnya di pembangunan LNG Tangguh di daerah Teluk Bintuni. Kabupaten Teluk Bintuni adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Bintuni. Kabupaten Teluk Bintuni terletak di bagian leher "kepala burung". Ia menghadap ke Laut Seram di lepas pantai barat Provinsi Papua Barat. Sebelum April 2003, wilayah ini merupakan bagian Kabupaten Manokwari.

Perut bumi Teluk Bintuni terbilang kaya akan bahan tambang dan galian. Hampir seluruh kawasan mengandung gas alam cair (LNG). Cadangan yang dimiliki diperkirakan 23,7 triliun kaki kubik (TCF). Kandungan minyak bumi di kabupaten ini diperkirakan 45 juta ton. Sentra pemanfaatan LNG di Kampung Tanah Merah, Distrik Babo, sedangkan konsentrasi pengambilan minyak bumi di Distrik Muskona Selatan.



LNG Tangguh adalah mega-proyek yang membangun kilang LNG di Teluk Bintuni, Papua Barat, untuk menampung gas alam yang berasal dari beberapa Blok di sekitar Teluk Bintuni, seperti Blok Berau, Blok Wiriagar dan Blok Muturi. LNG Tangguh ini melengkapi pengilangan gas yang sudah ada di Indonesia, yaitu di LNG Arun, Aceh dan LNG Bontang, Kalimantan Timur. Proyek LNG Tangguh mulai dibangun sesuai dengan persetujuan akhir dari Pemerintah Republik Indonesia dan partner pada bulan Maret 2005, diperkirakan akan selesai & mulai dioperasikan pada tahun 2009.

Operator utama BP Indonesia dan rekan melalui proses tender terbuka yang kompetitif memilih Konsorsium KBR (melalui anak perusahaan di Indonesia PT. Brown & Root Indonesia, JGC
Corporation, dan PT. Pertafenikki) sebagai kontraktor utama untuk pembangunan fasilitas darat LNG Tangguh. Secara bersama-sama mereka dikenal denagn nama Konsorsium KJP. Jadi bisa di bilang owner-nya adalah BP Indonesia & pemerintah, Kontraktor utama yang membangun fasilitas darat adalah KJP, sedangkan saya kerja di Baguncipta Shimizu Joint Operation (BSJO) Sub-kontraktornya KJP yang mengerjakan bagian struktur sipil dari LNG Tangguh. Ya lumayanlah buat nambah pengalaman sedikit.Untuk mencapai lokasi proyek dari Jakarta cukup memakan waktu, kalau lancar ya seharian bisa sampai, tapi kalau ada masalah (karena keterbatasan transportasi) bisa ketunda sampai berhari-hari (semua akomodasi di tanggung panitia, terima beres aja). Rute perjalanannya dari Jakarta - Tangguh LNG:
  1. Naik pesawat menuju Sorong - Papua (biasanya transit di Makasar atau Manado) sekitar ± 4 jam kalau lancar
  2. Dari bandara Sorong naik pesawat perintis menuju bandara Babo (Merpati, Deraya atau KJP Flight) yang terbangnya lumayan bikin deg-degan (± 2 jam)
  3. Dari Bandara Babo naik mobil jemputan atau ojek menuju dermaga Babo
  4. Kemudian di dermaga Babo naik kapal cepat atau boat menuju jetty di Tangguh (± 2 Jam)
  5. Dari Jetty Tangguh naik Bus untuk masuk ke Lokasi proyek, dengan terlebih dahulu melalui pemeriksaan yang cukup ketat.
Lumayan ruwet dah, belum lagi kalau ada masalah, ketunda salah satu dari transportasi diatas bisa bikin nginep sampai berhari-hari, bisa di Makasar, di Sorong atau yang paling parah di Babo (gak bakal mau mandi dah lo hahaha...). Dari Sorong juga suka ada kapal cepat yang langsung ke Jetty LNG, cuma asli perjalanannya lumayan lama banget (hampir setengah hari kalo gak salah). Oh iya Papua adalah salah satu daerah epidemik nyamuk malaria, jadi sebelum berangkat ya sebaiknya suntik anti malaria atau minum pil Kina, walaupun di area proyek tiap beberapa hari sekali ada pengasapan (fogging).

Keselamatan pekerja adalah yang no.1 di proyek ini, jadi peraturan safety-nya sangat ketat. Area proyek bisa dibilang terisolasi dari dunia luar, disekelilingnya praktis hanya hutan dan laut & penjagaannya sangat ketat, jadi tidak sembarang orang bisa bebas keluar masuk area proyek. Kayak orang dipenjara dah, tapi kebutuhan hidup sehari-hari dari tempat tinggal, makan, sampai pakaian cukup terpenuhi dengan baik lah walaupun minus hiburan. yang cukup bikin sengsara cuman dapat jatah cuti 4 bulan sekali, ngurusnya juga lumayan ribet, untuk memperhitungkan berbagai hal pengajuan cuti harus sebulan sebelumnya.
Suasana kerjanya sih lumayan enak lah, walaupun ada beberapa hal yang bikin gak nyaman, tapi yang paling menyebalkan ya gak bisa kemana-mana (terpenjara), tapi lumayanlah paling gak udah pernah ngerasain tinggal di Papua ^-^...

Sebagian referensi dari Wikipedia



16 comments:

  1. kl ada lowongan disana pak siapa tahu kita bisa join kesana juga, minta tolong di email ke aremounth@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  2. Wah bisa kesini lewat mbah Google tadi om, pha kabar nih veteran LNG Tangguh ? sekarang posisi dmn om ? gmn kl kita lanjut ke LNG Donggi - SulTeng ? Juli 2011 kita kesana lho ?

    Bambang Suharto
    HSE

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh ikut ga... sya juga pernah di LNG TANGGUH,,, tapi project waste water treatment project nya ( wwtp )

      Delete
  3. Baik2, lama tak besua hehehe.. Sekarang saya lagi di Tuban bos, ngerjain proyeknya Holcim.. LNG Donggi, kalo nanti kontrak saya gak lanjut bolehlah bos hehe..

    Hari Santoso
    Engineer

    ReplyDelete
  4. Mohon bantuan info nya Pak,kami Perusahaan yg bergerak dibidang general supplier contruction,Perusahaan kami letaknya dijakarta,kami bermaksud apabila kami diberikan kesempatan kami mau bergabung untuk men-supplai barang-barang kebutuhan di project Tangguh LNG west papua,Perusahaan(sub contractor) manakah yang harus kami lalui agar bisa mensupplai barang-barang kebutuhan project disana,tolong dibantu info nya ya Pak ke alamat email saya : me.suryadi@yahoo.com ,Terima Kasih.

    ReplyDelete
  5. kalo ada info lowongan admin lapangan jardiyanto.mr@gmail.com. jazakallah.

    ReplyDelete
  6. Urusan Guarante Bank & Surety Bond Kami Ahlinya .... !!!!
    Dimana Kami Bekerja Secara Profisinal Serta Dapat di Percaya, Proses Cepat, Tanpa Collateral Untuk Semua Jenis Jaminan, Tanpa buka rekening Dengan Harga Bersaing dan Siap di Adu.
    Dengan Itu Kami Menawarkan Diri Untuk Bekerjasama Dengan Perusahaan Bpk / Ibu dan Suatu Kehormatan Bagi Kami Apabila Terwujud Suatu Kerjasama Dengan Baik Nantinya
    Terlampir Surat Penawaran
    Yang Berisikan Princian Rate Serta Perusahaan Perbankkan / Asuransi Yang Kami Tawarkan Dengan Jelas..

    Best regards,
    ROBI DARWIS
    Div. Marketing

    Kami Juga Siap Membantu Jaminan Pembayaran Khusus Akhir Tahun...!

    PT. JASA MULIA ABADI
    Consultan Bank Garansi Dan Asuransi
    Jl. Harapan Mulia 4 No. 38, Harapan Mullia
    Kemayoran Jakarta Pusat
    Tlp. 0214260719 Fx.0214252048 Contac Hp. 0821 7533 3477

    ReplyDelete
  7. pak... kalau ada lowongan kerja,, boleh minta informasinya. minta tolong di email ke.. Musyafhar_ST@yahoo.co.id ...
    makasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  8. PT. MEKARJATI JAYA LESTARI
    Consultan , Penerbit Jaminan Garansi Bank & Jaminan Surety Bond, Tender Projec Non Collatralahoo.com
    Untuk Rate Masih Bisa negosi kan kembali
    Hubngi : Toni Saputra
    hp: 0812 9337 3502
    E-mail : tonisaputra.mjl@gmail.com

    ReplyDelete
  9. PT. MEKARJATI JAYA LESTARI
    Consultan , Penerbit Jaminan Garansi Bank & Jaminan Surety Bond, Tender Projec Non Collatralahoo.com
    Untuk Rate Masih Bisa negosi kan kembali
    Hubngi : Toni Saputra
    hp: 0812 9337 3502
    E-mail : tonisaputra.mjl@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Nama saya Nico Jakarimilena, alamat Jln Lapangan Trikora No.10, Abepura, Jayapura, Papua. Saya ingin bertanya, apakah saya bisa melamar kerja di LNG Tangguh, Teluk Bintuni. Trimakasih.

    ReplyDelete
  11. Nama Saya Eko Teguh Posisi saya Sebagai RIGGER Kalau Boleh Tau Bagaimana yah Caranya Saya Dapat Bergabung Di LNG Tangguh..Terima Kasih Mohon Di BlS ke Email ekko.teguh16@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Jika ada kebutuhan akan Gate Valve, Fitting-Fitting Galvanist, Pipa & Accesoriesnya dengan merk HOCO & HQ, boleh email ke saya pinauli@gmail.com atau sales_LK1@sinarquality.com . Terimakasih .

    ReplyDelete
  13. Sebentar lagi LNG Tangguh Train 3 akan segera di mulai, BSJO masih ikut andil disana. Ayo team CS lama kita balik kesana lagi.

    Salam K3 selalu

    ReplyDelete
  14. Selamat malam pak,kira2 kpan LNG train 3 akan di buka,saya berminat ingin ikut tes di LNG tangguh bintuni dan mohon info kalau di buka pendaftaran karyawan
    Terimakasih

    ReplyDelete
  15. Pk bisa tanya apa dsn ada orang yg brnama tony adi wijaya

    ReplyDelete