Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Saturday, September 19, 2009

Backpacking ke Bali, Bali, dan Bali...


Setelah bertahun-tahun akhirnya bisa juga backpacking-an ke Bali, buat menghilangkan suntuk sejenak setelah setengah tahunan kerja di LNG Tangguh (Papua). Seperti halnya Jogja, Bali bisa dibilang tujuan wisata wajib para travellers atau backpackers Indonesia, ibarat kata kalau suka travelling tapi belum pernah ke Bali kayaknya masih ada yang kurang gitu hehehe...

Dengan berbekal satu gembol tas (sama duit juga tentunya) dan selembar tiket Adam Air (tahun 2007 masih ada, sekarang udah bangkrut) yang paling murah seharga 300-ribu rupiahan, saya bersama dua teman saya berangkat menuju Pulau Bali dengan pede-nya, walaupun dengan modal yang pas-pasan ala bacpackers.


Tentang Pulau BaliPulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Lintang Timur yang mebuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain. Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar, yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal sebagai Pulau Dewata.

Transportasi di Bali & menuju Bali

Bali tidak memiliki jaringan rel kereta api namun jaringan jalan yang sangat baik tersedia khususnya ke daerah-daerah tujuan wisatawan. Sebagian besar penduduk memiliki kendaraan pribadi dan memilih menggunakannya karena moda transportasi umum tidak tersedia dengan baik, kecuali taksi. Kalau untuk praktisnya kita bisa sewa motor atau mobil yang banyak ditawar kan di daerah Kuta, harga sewanya cukup murah, untuk motor pada saat itu sekitar Rp.40.000, sedangkan sewa mobil yang termurah sekitar Rp.70.000 (tanpa supir & bensin), ya pinter-pinternya nawar lah, administrasinya juga gak ribet.

Transportasi laut dari Pulau Jawa bisa dengan layanan kapal feri yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk dengan Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi, yang lama tempuhnya sekitar 30 hingga 45 menit. Penyeberangan ke Pulau Lombok melalui Pelabuhan Padang Bay menuju Pelabuhan Lembar, yang memakan waktu sekitar 4 jam.

Sedangkan transportasi udara dilayani oleh Bandara Internasional Ngurah Rai, dengan destinasi ke sejumlah kota besar di Indonesia, Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, serta Jepang. Landas pacu dan pesawat terbang yang datang dan pergi bisa terlihat dengan jelas dari pantai.

Penginapan di Bali

Sesampainya di Bali, yang pertama di cari adalah penginapan, di daerah Pantai Kuta banyak Penginapan bertebaran, tapi untuk kantong bacpackers yang pas-pasan tempat yang paling favorit adalah di jalan Poppies lane I & II, harga perkamarnya mulai dari Rp.40.000 sampai ratusan ribu, ya tergantung budget & selera masing-masing lah, umumnya sudah cukup bersih sih kalo menurut saya. Kalau pengin dekat pantai & murah ya disini tempatnya, tapi biaya hidupnya lumayan mahal daripada denpasar. Dari bandara ke Pantai kuta bisa naik taksi (pada sat itu sih ± Rp.50.000,-).
Berikut beberapa diantaranya (mungkin udah berubah kali):
  1. Cempaka II (Bersih & privasi) : 0361 757750 dengan Kadek
  2. Ronta Bungalow (Bersih) Gg. Ronta 0361 754246. 50 m dari monumen Bom Bali I
  3. Losman Arthawan ( 0361 752913 ) - Poppies Lane II
  4. Dua Dara, Poppies Lane II.
  5. Segara Sadhu Inn. 0361) 759909, Jl. Poppies II Gang 1 # 3A
  6. Jus Edith Bungalows 0361) 750558, Gang Ronta, Poppies Lane II
  7. Gora Beach Inn - Poppies Lane 2, Banjar Pengabetan (0361 - 752578)
  8. Yunna Cottage - Jl. Pantai Kuta Gg Poppies 2 (0361 - 753015)
  9. Tunjung Bali Inn - Poppies Lane 2 (0361 - 762990)
  10. Palm Gardens Taman Nyiur - Poppies Lane 2 (0361 - 752198)
  11. Okie House - Poppies Lane 2 ( 0361- 752081)
  12. Mahendra - Poppies 1 Banjar Pengabetan (0361 - 752371)
  13. Puri Agung - Poppies 1 (0361 - 750054)
  14. Bungalows Taman Ayu - Poppies 1 (0361 - 751855)
  15. Komala Indah - Poppies 1 No. 20 (0361 - 751422)
Kalau belum sreg ada juga hotel murah meriah di ibukota bali, Denpasar dan tetangganya, Sanur. Denpasar itu panas dan crowded, tapi kalo bicara soal living cost, Denpasar bisa jadi pilihan yang terbaik ketimbang Kuta, Jimbaran and Nusa Dua. Buat yang muslim agak susah juga cari makanan halal di Bali, di pinggiran pantai Kuta kalau siang biasanya banyak yang berjualan nasi ala Warteg (mudah-mudahan halal), kalau malem sih saya biasanya makan fast food aja biar agak aman walaupun kantong menjerit.

Tempat Wisata di BaliKalau mau praktis banyak paket wisata yang di tawarkan di Bali, tapi kalo gitu sih bukan backpackers namanya, gak bebas kalau buat saya sih hehehe... Karena mau menjelajah sendiri, berikut adalah beberapa tempat yang bisa di kunjungi:
  1. Pantai Kuta, tentunya ini jadi tempat wajib yang kudu di datangi di Bali, kalau cuaca bagus kita bisa lihat sunset & sunrise yang indah disini, selain itu kita juga bisa belajar surfing, papannya banyak yang nyewain, kalau mau bayar lebih juga beach boys disini bisa ngajarin surfing
  2. Pantai Sanur, adalah salah satu pantai yang menarik di Pulau Bali. Pantai ini memiliki panjang 3 kilometer dengan garis pantai menghadap ke timur. Pantai Sanur terkenal dengan pantainya yang berwarna putih bersih dan lembut. Disamping itu, pantai Sanur merupakan pantai yang berbatu karang sehingga memiliki kelebihan tersendiri.
  3. Pantai Nusa dua, merupakan tempat paling eksklusif (kalau kantong cekak mending cari tempat lain dah). Disebut eksklusif karena di area ini terdapat semua hal yang dibutuhkan oleh sebuah tempat wisata, seperti pantai lengkap dengan olahraga airnya, restoran dengan menu yang lengkap dan bervariasi dan tidak ketinggalan tempat menginap atau hotel yang sangat nyaman.
  4. Bali Slingshot, wahana yang dirancang untuk menguji nyali dan dijamin adrenalin pasti terpacu kencang begitu menjajal arena ini. Sebuah katapel raksasa yang terpancang dari sepasang menara setinggi 35 meter, sialnya waktu mau nyoba lagi diperbaiki, jadi cuman bisa ngeliat doang
  5. Bungy Jumping, Terdapat beberapa tempat Bungy Jumping di Kuta antara lain AJ Hacket Bungy di Club Double Six (66) jalan Arjuna (Double Six), Bali Bungy Co., jalan Pura Puseh, serta Adrenalin Parks di Jalan Benesari Kuta
  6. Waterboom Bali, Arena permainan air seperti di Waterboom Jakarta
  7. Tanah Lot, di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan.
  8. Dream Land, Pantai yang sunset & sunrise-nya terlihat indah, bahkan lebih bagus daripada di Pantai Kuta
  9. Garuda Wishnu Kencana (GWK), adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.
  10. Ubud, terkenal di antara para wisatawan mancanegara karena lokasi ini terletak di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat alam sangat indah. Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju.
  11. Monkey Forest Ubud, terletak diantara Desa Padang Tegal dan Nyuh Kuning, Ubud, Gianyar, tepatnya 26 km dari Kota Denpasar, terdapat sebuah hutan kecil yang dihuni oleh ratusan Kera Bali yang cukup jinak dan dapat diajak bermain-main disaat para wisatawan menikmati liburan di kawasan Wisata Ubud, Gianyar Bali.
  12. Pasar Sukowati, di sini Anda dapat memperoleh berbagai barang dan cinderamata khas Bali. Orang menyebut pasar ini sebagai surga berbelanja karena Anda bisa menemukan beraneka ragam souvenir khas Bali dengan harga yang murah, kalau lagi sepi bisa jadi sangat murah malah.
Masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa di jelajahi. Waktu 2 minggu rasanya tidak akan cukup untuk menjelajahi semua tempat-tempat wisata di Bali, sebelum pulang jangan lupa untuk mampir ke pabrik kata-kata Joger, salah satu tempat cinderamata khas Bali. Kalau ada waktu & duit lebih kayaknya asyik juga travelling ke Lombok.

Referensi dari berbagai sumber


1 comment: