Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Sunday, September 13, 2009

Trans Studio World Makassar


Trans Studio World Makassar adalah theme park indoor terbesar di dunia saat ini mengalahkan Lotte World Korea yang memiliki luas 1,7 hektar. Memiliki lebih dari 20 wahana permainan (akan bertambah) dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti mal, restoran, hotel, dan marina. Trans Studio World Makassar berada dalam area Trans Studio Resort yang berlokasi di Kawasan Bisnis Global dan Pariwisata Perpadu Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan. Hanya sekitar lima kilometer dari pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi).

Luasnya sekitar 2,7 hektar dan terletak di Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan. Total investasi yang dibutuhkan lebih dari Rp. 3 triliun. Di megaproyek ini, Chairul Tanjung dan Jusuf Kalla mendirikan perusahaan patungan, PT. Trans Kalla Makassar (TKM). Chairul Tanjung melalui Para Group menanggung biaya proyek, sedangkan Kalla Group menyediakan lahan. Sumber pendanaan berasal dari pinjaman BRI (50%) dan sisanya dari utang bank lain serta kas internal perusahaan.


Theme Park Trans Studio World Makassar mengadopsi konsep Universal Studio di Amerika Serikat. Berisi ruang-ruang simulasi beberapa program stasiun televisi, Trans TV, atau peristiwa di Indonesia. Konsep theme park di Trans Studio World bakal memberikan pengalaman tersendiri. Beberapa di antaranya adalah Tsunami Island, suasana mencekam dilanda tsunami dan gempa bumi. Ada juga Magic Museum yang berisi benda-benda hidup seperti dalam film Night at The Museum, Dunia Lain, Arung Jeram, Magic Corner, Lost City, Terror Twister, dan Water Coaster.

Ada juga bioskop 4D yang memanfaatkan kecanggihan teknologi visual dan suara serta peralatan audio-visual termodern, untuk memberi kepuasan menonton yang maksimal bagi para penikmat layar lebar. Bagi penggemar barang elektronik dan gadget, juga disajikan produk inovasi terbaru di bidang IT, elektronik dan digital. Selain itu, ada Gourmet Emporium yang mempunyai banyak sekali tempat makanan (Food Court), dari menu Nusantara sampai menu internasional yang menggugah selera.

Kawasan kompleks Theme Park Trans Studio World Makassar terbagi dalam dua area, yakni Trans Studio Theme Park sebagai tempat hiburan keluarga, dan Trans Studio Walk yang merupakan pusat perbelanjaan kelas dunia. Tahap awal akan diresmikan Trans Studio Theme Park pada Tanggal yang sangat istimewa karena bertepatan dengan 19 Ramadan dan yang paling spesial adalah diresmikan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-60 Presiden SBY. Setelah peresmian Trans Studio Theme Park, maka akan dilanjutkan dengan Trans Studio Walk (pusat perbelanjaan) yang direncanakan beroperasi mulai bulan Juni 2010. Kemudian akan diikuti dengan fasilitas berikutnya yaitu, Trans Hotel & Residential dengan fasilitas rekreasi pantai.

Wahana rekreasi ini mampu menampung hingga 10 ribu orang dengan kapasitas nyaman antara 6.000-8.000 orang. Wahana ini juga menerapkan teknologi mikrochip sebagai alat tukarnya. Untuk menikmati permainan, pengunjung menggunakan kartu mikrochip sebagai ganti uang. Kartu digital ini berlaku seumur hidup dan dapat digunakan untuk membeli cinderamata serta kartu tol prabayar.

Baru diresmikan, Trans Studio Makassar langsung memecahkan tiga rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sekaligus. Yakni, Indoor Theme Park, poster gedung terbesar, dan LED terpanjang (4 Km). Harga tiket di Trans Studio ini juga relatif murah. Hanya dengan uang Rp 10 ribu, Anda sudah mendapatkan tiket pass yang berlaku seumur hidup. Untuk menikmati wahananya, hanya dengan Rp 90 ribu, Anda dapat bermain di sebanyak 15 wahana dan masih ada 6 wahana lain di luar wahana tersebut.

Melalui proyek ini saya harap semakin banyak proyek-proyek (megaproyek) lainnya yang akan di buat, agar orang-orang teknik sipil seperti saya terus ada kerjaan hehehe... Hhhh jadi pengen nyoba, tapi kapan ya bisa ke Makasar lagi ^.^.

Dari berbagai sumber
Sumber Foto:
www.skyscrapercity.com


No comments:

Post a Comment