Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Saturday, September 12, 2009

Salah Satu Perpustakaan Terbesar di Dunia Akan Hadir di Universitas Indonesia (UI)


Perpustakaan terbesar di dunia akan segera berdiri di Depok, Jawa Barat. Universitas Indonesia (UI) tengah membangun perpustakaan tersebut di lahan seluas 2,5 hektar dengan luas bangunan mencapai 30 ribu meter persegi. Lokasi bangunan berada di tepi danau Kenanga Universitas Indonesia dan berjarak sekitar 100 meter dari gedung rektorat. Pemancangan tiang pertama pembangunan gedung utama perpustakaan sudah dilakukan di Kampus UI - Depok, Jawa Barat, Senin (1/6/2009) dan rencananya akan selesai dibangun pada akhir Desember 2009.

Perpustakaan ini akan dibangun di area seluas 3,5 hektar serta akan memiliki 8 lantai dengan konsep sustainable building yang ramah lingkungan. Gedung akan menggunakan Solar cell sebagai sumber energinya selain itu didalam gedung penggunaan material plastik akan ditekan serta harus hemat listrik, hemat kertas dan juga harus hemat air, bisa dipastikan akan bebas asap rokok karena UI juga akan mencanangkan bebas rokok pada tahun 2012. Kendaraan bermotor dilarang masuk, maka untuk sarana transportasi dalam kompleks perpustakaan bisa jalan kaki atau menggunakan sepeda.


Kapasitasnya nanti dapat menampung 10.000 pengunjung, termasuk mahasiswa UI beserta civitas akademika serta akan dibuka untuk umum. Jumlah bukunya yang akan ditampung sebanyak 3 juta buku hingga 5 juta. Selain itu ada juga sistem komputerisasi yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi lebih leluasa. Sistem ini akan menyediakan layanan internet gratis serta memudahkan untuk membaca e-book, e-journal, dan bahan bacaan elektronik lainnya.

Proyek ini diperkirakan akan menelan dana sekitar 110 miliar rupiah, yang menurut beberapa informasi pendanaannya diperoleh dari sumber pemerintah dan industri, terutama bank BNI.

Referensi:
- anakUI.com
- detik.com



No comments:

Post a Comment