Cari Artikel

Google
Google Page googlemelulu

Saturday, September 12, 2009

UI Bakal Permak Stasiun KA-nya Menjadi Megah


Satu lagi Mega Proyek dari Universitas Indonesia (UI) selain perpustakaan baru yang megah, yaitu renovasi stasiun kereta termegah yang tergabung ke dalam rangkaian UI Mega Proyek. Ada 2 stasiun yang akan dipermak yaitu Stasiun Pondok Cina & Stasiun UI yang selanjutnya kita sebut Stasiun UI 1 & Stasiun UI 2.

Luas kedua stasiun ini (Stasiun UI & Pondok Cina) mencapai 70,400 meter persegi (luas bangunan dan tanah) dengan masing-masing luas bangunan sebesar 3,250 meter persegi. Rencananya akan dibuat 2 lantai dengan tinggi bangunan mencapai 14 meter. Konsep Stasiun UI 1 & Stasiun UI 2 adalah external & internal yang berarti transportasi ke dalam & keluar kampus. Bahan bangunan yang digunakan adalah bahan-bahan alam yang ramah lingkungan. Hal ini terkait dengan konsep Green Campus-nya UI.


Untuk memudahkan akses, stasiun di design sedemikian rupa agar dapat terkoneksi dengan utilitas sekitarnya, terhubung dengan pedestrian & jalur sepeda UI. Apabila diperlukan akan dibangun jalur pejalan kaki (trotoar) & jalur sepeda yang baru. Jembatan penyebrangan dari stasiun ke area kampus UI akan menjadi akses utama bagi para penumpang dari & ke dalam kampus.

Dikabarkan proyeknya akan dimulai akhir tahun 2009 ini tepat setelah perpustakaan megah selesai dibangun dan akan selesai pada akhir tahun 2010.

Semoga dengan makin mewah fasilitasnya tidak membuat biaya kuliah semakin mencekik leher mahasiswanya. Kenapa gak dari dulu aja waktu gua masih kuliah ya bikinnya, ahh... jadi pengen kuliah lagi di UI... tapi MAHAL...!!!

Referensi:
- http://www.ui.ac.id
- http://www.anakui.com


2 comments:

  1. ini uda dibangun belum sih stasiunnya ?

    ReplyDelete
  2. Samapi sekarang ternyata belom dibangun juga :D

    ReplyDelete